Strategi dan Implementasi e-bussiness
Strategi e-bussiness
Strategi menurut KBBI adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Strategi bisnis adalah Penetapan
sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta
alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut.
(MIT Press, Cambridge, Ma.)
Lalu menurut kelompok strategi
bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan
keunggulan persaingan di dalam bisnisnya. Strategi bisnis dapat mencakup
ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi
pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.
Dalam Strategi bisnis terdapat pula
beberapa tingkatan, tingkatan strategi bisnis tersebut adalah
- Tingkat Korporasi; strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain.
- Tingkat Bisnis Multi Divisi; merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
- Tingkat Fungsional; optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikannilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)
- Tingkat Operasional; merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan
Untuk menyusun strategi bisnis,
tentunya ada beberapa tahapan, tahap-tahapan strategi bisnis akan kami
jelasakan sebagai berikut
A. Pengamatan Lingkungan
Analisis
Eksternal
- Lingkungan eksternal : terdiri dari variabel-variabel (kesempatan dan ancaman) yang berada di luar organisasi dan tidak secara khusus ada dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak
- Lingkungan Kerja : terdiri dari elemen-elemen atau atau kelompok yang secara langsung berpengaruh atau dipengaruhi oleh operasi-operasi utama organisasi
- Lingkungan Sosial : Terdiri dari kekuatan umum-kekuatan itu tidak berhubungan langsung dengan aktivitas-aktivitas jangka pendek organisasi tetapi dapat dan sering mempengaruhi keputusan-keputusan jangka panjang .
Analisis Internal
- Struktur, adalah cara bagaimana perusahaan diorganisasikan yang berkenaan dengan komunikasi, wewenang, dan arus kerja
- Budaya, adalah pola keyakinan, pengharapan, dan nilai-nilai yang dibagikan oleh anggota organisasi
- Sumber, daya adalah asset yang merupakan bahan baku bagi produksi barang dan jasa organisasi
B. Perumusan Strategi adalah
pengembangan rencana jangka panjang untuk menejemen efektif dari kesempatan dan
ancaman lingkungan, dilihat dari kelemahan perusahaan
C. Implementasi Strategi adalah prises
dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan memalui
pengembangan program, anggaran, dan prosedur
D. Evaluasi dan Pengendalian adalah
proses yang melaluinya aktivitas-aktivitas perusahaan dan hasil kinerja
dimonitor dan kinerja sesungguhnya dibandingkan dengan kinerja yang diinginkan
Setelah kita membahas tentang
Stretegi E-Business, kami menyimpulkan bahwa hubungan antara strategi
bisnis/perusahaan dengan strategi e-business. Strategi e-business tentunya
dipengaruhi oleh strategi bisnis itu sendiri. Namun dalam e-business
strategi-strategi bisnis tersebut dapat dikembangkan dengan adanya penggunaan
IT.
Alasan diperlukanya keselarasan antara
strategi bisnis dengan strategi e-business pada suatu perusahaan.dan berikan
contoh keterkaitan antara strategi bisnis dengan strategi e-business: Karena
strategi e-business dan strategi bisnis memiliki keterkaitan yaitu strategi
e-business merupakan implementasi strategi bisnis yang dalam proses bisnisnya
lebih mengutamakan penggunaan IT.
a. Cost leadership strategy : memposisikan biaya produk dan jasa yang lebih rendah namun kualitas standar tetap dipertahankan dalam industri tersebut. Upaya penghematan dan penekanan biaya di berbagai sektor menjadi pilihan yang tidak dapat ditawar lagi guna menentukan harga terbaik untuk konsumen.
Dalam strategi e-bussiness Penggunaan IT sangat bermanfaat untuk mengurangi biaya dari proses bisnis.
b. Differentiation strategy : menjadi unik dalam industri ,seperti penyediaan produk-produk yang unik dengan tetap menjaga kualitas yang tinggi dengan harga kompetitif.
Dalam srtategi e-business IT digunakan untuk mengurangi keunggulan dari pesaing dan dapat memantau harga produk kita tetap kompetiif dengan harga produk pesaing bisnis
c. Innovation strategy : membangun atau membuat produk dan layanan dengan karakteristik baru dan mengembangkan jaringan penjualan.
Dalam staregi e-business IT digunakan untuk membantu menciptakan priduk dan jenis layanan-layanan baru ,mengubah proses bisnis, dan juga menciptakan pasar baru.
d. Growth strategy :peningkatan pangsa pasar
Dalam staregi e-business IT dapat digunakan untuk mengelola ekspansi bisnis regional dan global.
e. Alliance strategy : membangun kerjasama dengan rekan bisnis dan melakuka sinergi dari kompetisi bisnis yang ditekuni oleh masing-masing.
Dalam strategi e-business IT dapat digunakan untuk memperluas dan mendukung strategi relasi bisnis.
f. Customer oriented strategy : sebuah upaya yang dilakukan untuk membuat konsumen nyaman dan senang.
Dalam strategi e-business IT sangat bermanfaat dalam penerepan strategi ini semisal dengan membentuk layanan konsumen melalui situs resmi atau pun e-mail.
g. Internal efficiency strategy : peningkatan cara atau metode untuk menciptakan kepuasan karyawan,peningkatan kualitas,produktivitas dan pengambilan keputusan
Dalam strategi e-business It digunakan untuk mendukung strategi ini untuk dapat lebih efisien dengan peningkatan layanan informasi karyawan,produk dan penggunaan software atau aplikasi yang membantu
Implementasi e-bussiness
Tujuan
implementasi e-Business adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas
pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management /
Logistic Management.
elain itu
juga berfungsi sebagai sarana komunikasi & informasi bagi publik dan stakeholder
lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja
sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.
Manfaat implementasi e-Business adalah :
• Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,
• Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas,
• Meningkatkan efisiensi perusahaan,
• Mempermudah pengelolaan aset perusahaan
• Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,
• Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,
• Mengatasi kesenjangan digital,
• Media mempromosikan kompetensi perusahaan,
• Memperlancar kegiatan ekonomi,
• Memperlancar transaksi bisnis,
• Sarana penyebaran informasi secara luas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar