Perencanaan dan Pengembangan e-bussiness
A. Perencanaan e-business
Dalam
membangun sistem e-Business buka hanya
mengkomputerisasi SI bisnis yang kemudian dihubungkan ke Internet. Jika
pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun sistem e-Business, maka
sistem itu sulit untuk bertahan.
Sehingga
dibutuhkan Dorongna seperti :
1.
Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk
membangun hubungan langsung dengan konsumen.
2.
Pembangunan Jaringan Komunitas.
3.
Perluasan pasar.
4.
Masuk era persaingan global
Yang
dibutuhkan dalam Pembentukkan Sistem
E-Business
·
Mendayagunakan komputer personal, jaringan
komputer dan Internet seoptimal mungkin.
·
Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi
antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel.
·
Membangun SI e-Business yang efektif.
Tahap – Tahap Pembentukkan Sistem E-Business
·
Tahap
Perencanaan E-Business
1.
Memahami permasalahan yang muncul dan
mendefinisikan secara rinci.
2.
Merumuskan kasus-kasus bisnis yang ingin
diselesaikan.
3.
Mengestimasikan total investasi yang akan
disediakan.
4.
Rencana aksi yang konkrit.
·
Tahap
Analisis E-Business
Menurut
Mc.Leod terdapat 6 dimensi kelayakan :Kelayakan teknis, Pengembalian ekonomis,
Pengembalian non-ekonomis, Hukum dan etika, Operasional, Jadwal.
Faktor lain : Kelayakan organisasi,
Kemungkinan permodalan, Tingkat kompetisi produk, Harga sistem. Untuk tahap ini
harus dilakukan seobyektif mungkin agar hasilnya tidak bias.
·
Tahap
Perancangan E-Business
1.
Fase pemahaman kriteria kebutuhan sistem.
2.
Selain memperhatikan rekomendasi kelayakan,
perlu memperhatikan : Kebutuhan Perusahaan, Kebutuhan Operator, Kebutuhan
Teknis
·
Tahap
Pemaparan E-Business
1.
Tahap ini merupakan kegiatan untuk
mengimplementasikan rancangan yang telah
disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
2.
Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi
komputer akan menggunakan bahasa komputer
3.
Sementara itu, untuk proses yang terdapat di
luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata
tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah
ditetapkan
4.
Untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan
ini, ditempuh beberapa metode, antara lain, penggunaan paket aplikasi,
pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan
dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house
(outsourcing)
Faktor yang menyebabkan Kegagalan SI
E-Business
·
Sering orang memandang SI e-Business adalah
paling utama dan penting, sementara melupakan komitmen dan konsistensi terhadap
materi informasi, produk dan respon layanan kepada konsumen.
·
Antar-muka SI e-Business sering kurang
interaktif,kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen, karena
antar muka sering dibangun berdasarkan
selera pembuatnya.
·
Perubahan cara pandang, pola berbisnis, dan
sistim dari tradisonal dan lokal menjadi moderen dan global; perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu
untuk beradaptasi dengan perubahan
tersebut
B. Pengembangan e-bussiness
Enam tahapan pengembangan e-bussiness:
· Brochurware
perusahaan biasanya menggunakan
internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Satu arah
Jenis-jenis informasi standar yang
biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah:????
· Customer
Interactivity
perusahaan mulai mengembangkan
kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah
(dialog) antara perusahaan dengan para konsumen
· Transaction
Enabler
pengembangan suatu aplikasi yang
memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce).
· One-to-One
Relationship
mekanisme yang memungkinkan
terjadinya transaksi perdagangan antar individu
· Real
Time Organizations
bisnis non-stop 24 jam dimana
seluruh transaksi telah diambil alih secara otomatis oleh komputer dimana
secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat
bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga
· Communities
of Interests
kemampuan perusahaan dalam membentuk
sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan
bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar