Selasa, 09 Desember 2014

Perencanaan dan Pengembangan e-bussiness



 Perencanaan dan Pengembangan e-bussiness


A. Perencanaan e-business

Dalam membangun  sistem e-Business buka hanya mengkomputerisasi SI bisnis yang kemudian dihubungkan ke Internet. Jika pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun sistem e-Business, maka sistem itu sulit untuk bertahan.

Sehingga dibutuhkan Dorongna seperti :
1.    Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen.
2.    Pembangunan Jaringan Komunitas.
3.    Perluasan pasar.
4.    Masuk era persaingan global



Yang dibutuhkan dalam  Pembentukkan Sistem E-Business
·      Mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan Internet seoptimal mungkin.
·      Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel.
·      Membangun SI e-Business yang efektif.




Tahap – Tahap Pembentukkan Sistem E-Business
·      Tahap Perencanaan E-Business
1.    Memahami permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
2.    Merumuskan kasus-kasus bisnis yang ingin diselesaikan.
3.    Mengestimasikan total investasi yang akan disediakan.
4.    Rencana aksi yang konkrit.

·      Tahap Analisis E-Business
Menurut Mc.Leod terdapat 6 dimensi kelayakan :Kelayakan teknis, Pengembalian ekonomis, Pengembalian non-ekonomis, Hukum dan etika, Operasional, Jadwal.
Faktor lain : Kelayakan organisasi, Kemungkinan permodalan, Tingkat kompetisi produk, Harga sistem. Untuk tahap ini harus dilakukan seobyektif mungkin agar hasilnya tidak bias.

·      Tahap Perancangan E-Business
1.    Fase pemahaman kriteria kebutuhan sistem.
2.    Selain memperhatikan rekomendasi kelayakan, perlu memperhatikan : Kebutuhan Perusahaan, Kebutuhan Operator, Kebutuhan Teknis

·      Tahap Pemaparan E-Business
1.    Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan  rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
2.    Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa komputer
3.    Sementara itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan
4.    Untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode, antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house (outsourcing)


Faktor yang menyebabkan Kegagalan SI E-Business
·      Sering orang memandang SI e-Business adalah paling utama dan penting, sementara melupakan komitmen dan konsistensi terhadap materi informasi, produk dan respon layanan kepada konsumen.
·      Antar-muka SI e-Business sering kurang interaktif,kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen, karena antar muka sering dibangun   berdasarkan selera pembuatnya.
·      Perubahan cara pandang, pola berbisnis, dan sistim dari tradisonal dan lokal menjadi moderen dan global;   perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu untuk   beradaptasi dengan perubahan tersebut




B. Pengembangan e-bussiness
Enam tahapan pengembangan e-bussiness:


·      Brochurware
perusahaan biasanya menggunakan internet sebagai medium untuk berpromosi (marketing). Satu arah
Jenis-jenis informasi standar yang biasa diletakkan dalam situs perusahaan adalah:????
·      Customer Interactivity
perusahaan mulai mengembangkan kemampuan aplikasi situsnya untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah (dialog) antara perusahaan dengan para konsumen
·      Transaction Enabler
pengembangan suatu aplikasi yang memungkinkan terjadinya transaksi bisnis secara elektronik (E-Commerce).
·      One-to-One Relationship
mekanisme yang memungkinkan terjadinya transaksi perdagangan antar individu
·      Real Time Organizations
bisnis non-stop 24 jam dimana seluruh transaksi telah diambil alih secara otomatis oleh komputer dimana secara real time calon penjual dan pembeli melalui situs perusahaan dapat bertemu dan melakukan transaksi saat itu juga
·      Communities of Interests
kemampuan perusahaan dalam membentuk sebuah komunitas di dunia maya, yang terdiri dari para konsumen dan rekanan bisnis yang saling bekerja sama untuk menciptakan value di internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar