Business to Business B2B
Definisi
Merupakan system komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi
secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan
dalam kapasitas produk yang besar. Hal ini berarti kedua pihak yang
melakukan transaksi adalah perusahaan, organisasim, nirlaba atau
pemerintah.Konsep B2B (Business to Business)
Transaksi bisnis dijalankan melalui internet, ekstranet, intranet atau jaringan intern perusahaan, juga dikenal sebagai eB2B (elektronik B2B).
Karakteristik Business to Business
Trading PartnerPertukaran informasi hanya berlangsung di antara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati. Jadi, service yang dipergunakan antar kedua system tersebut sama dan menggunakan standar yang sama.
Salah satu pelaku tidak wajib menunggu partner mereka yang lainnya untuk mengirimkan data.
Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing Intelligence dapat didistrubiskan dikedua pelaku bisnis.
Model B2B (Business to Business)
“Yaitu penjualan produk/jasa antar perusahaan atau antar badan bisnis.”
B2B (Business to Business) Exchange
Gagasan dasar dari B2B (Business to Business) Exchange adalah membuat
suatu perusahaan lebih mudah untuk menemukan barang-barang atau
peralatan yang mereka butuhkan, bertransaksi dengan cepat dan lengkap,
dan untuk menyimpan uang sampai ada produk yang diperjual-belikan dengan
skala besar.Klasifikasi B2B (Business to Business) Exchange
- Systematic Sourcing : pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang (hubungan antar supplier dengan pembeli).
- Spot Sourcing : pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti membeli kebutuhan.
- Vertical Exchange : suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu/orang] industry atau industry segmen.
- Horizontal Exchange : suatu pertukaran yang menangani material menukar/menambah beberapa industry yang berbeda.
Aktifitas B2B (Business to Business)
Gathering of Market Intelligenceð Mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai produk yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dipergunakan.
ð Mulai dari spesifikasi, service, kualitas dan kuantitasnya.
Prepurchasing (langkah-langkah mengawali sebuah pemesanan)
ð Menyiapkan proposal pembelian.
ð Melakukan survey mengenai banyaknya permintaan.
ð Menyediakan spesifikasi.
ð Negosiasi
Purchasing (langkah-langkah dalam penetapan order)
ð Menyiapkan pemesanan (ordering).
ð Persetujuan pengiriman (delivery).
ð Persetujuan pemesanan (acknowledgement).
Shipping & Penerimaan Barang
ð Menginformasikan jadwal pengiriman barang.
ð Mendapatkan faktur penerimaan barang.
Pembayaran
ð Pembayaran dilakukan melalui bank atau dapat dilakukan secara online.
B2B (Business to Business) Marketplace
One to Many : pasar yang dikelolah oleh satu perusahaan (supplier) yang menyediakan mulai dari catalog penawaran produk dan harganya. Many to One : pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
Some to Many : gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan kepada banyak pembeli.
Many to Some : perusahaan-perusahaan yang menggabungkan catalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Many to Many : pasar yang dikelolah oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.
Contoh WEB B2B (Business to Business)
Pure Play (B2B (Business to Business) Online Murni)- Elektronik Market : iMark.com
- WEB Malls : www2.mallpark.com
- WEB Hosting : www.earthlink.com , www.masterwebnet.com
Click and Mortar (Partial B2B (Business to Business))
- Supplier’s WEB : covisint.com
- Promotion : sap.com
- Logistics : ec.ups.com
- After Sales : cisco.com
Pendorong lahirnya Business to Business (B2B)
- Globalisasi
- Mengurangi sekat untuk masuk (Reduced barriers to entry)
- Deregulasi (De-regulation)
- Increased number of supplier
- Permintaan konsumen dan tekanan harga
- Tekanan untuk mereorganisasi nilai rantai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar